Rabu, 02 Januari 2019

foto dinamika kependudukan


Dinamika kependudukan

Kependudukan ialah perubahan keadaan penduduk.Perubahan perubahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal.Dinamika atau perubahan lebih cenderung pada perkembangan jumlah penduduk suatu Negara atau wilayah tersebut.
Populasi merupakan kumpulan individu dari jenis yang sama yang menempati area tertentu dan saling berinteraksi satu sama lain, populasi ini merupakan satu kesatuan energi dan materi mengalir dalam suatu siklus serta menjaga suatu keseimbangan ekosistem.
Jumlah penduduk dapat di ketahui melalui sensus penduduk dan survey penduduk. Sedangkan sensus yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dimulai pada tahun 1961,1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2015. Sensus penduduk di lakukan 10 tahun sekali.
Ada pun faktor faktor yang mempengaruhi dinamika kependudukan di Indonesia ialah :
-          Kelahiran atau netralitas
-          Kematian atau mortalitas
-          Perpindahan penduduk atau migrasi
Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Berdasarkan Data  Kependudukan Dunia tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat di dunia setelah Cina (1.372 juta jiwa), India (1.314 juta jiwa), dan Amerika Serikat (321 juta jiwa). Jumlah penduduk Indonesia mencapai 256 juta jiwa.
Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak. Beberapa daerah di Indonesia penduduknya masih sangat sedikit, atau masih kekurangan jumlah penduduk (under population). Contohnya di Papua, kepadatan penduduk rata-rata hanya 4 jiwa per kilometer persegi. Sementara pulau Jawa kepadatan penduduknya mencapai 945 jiwa per kilometer persegi.
Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan usia/ umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan lain-lain. Komposisi penduduk diperlukan dalam suatu negara karena dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan ataupun penentuan kebijaksanaan dalam pelaksanaan pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOTO

ppt_Jembar Nurfadillah_1601085